Thursday, July 2, 2015

Amalan - Amalan Penghapus Dosa (Ust. Syafiq Reza Basalamah)

Assalamu'alaikum

Sebagai jamaah youtube-iyah *yakeles ada jamaah beginian. :D, saya amat terbantu dengan banyaknya video ceramah para ustadz. Yap, karena jauh dari mana-mana maka saya gak bisa denger langsung ceramah di tempat kajian, saya juga bisa mendengar ceramah berulang-ulang kalau siarannya udah lewat misalnya. Alhamdulillah, semoga pahalanya mengalir terus buat yang sudah berbagi kebaikan di media sosial.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan dan karena di kantor gak ada kajian ba'da zuhur, ba'da ashar apalagi kultum sebelum maghrib maka teman kantor saya inisiatif share file ceramah Ust. Syafiq Reza Basalamah. Daripada Ramadhan denger lagu, mending ceramah kata temen saya. Wah bener juga pikir saya, maka saya pun ikut mendengarkan ceramah ini. 

Berikut ini adalah beberapa kalimat penting yang disampaikan dalam ceramah yang saya catat.
  • Tidak ada cita-cita yang lebih utama di muka bumi ini selain dari diampuni dosa-dosanya dan dilipatgandakan amal perbuatannya.
  • Semua dosa itu ada perhitungannya. Tidak ada dosa yang terlupakan (QS. An-Nisa : 123)
  • Ibnu Qayyim mengatakan ada orang yang masuk surga karena dosa, ada juga yang masuk neraka karena taatnya. Ada orang berbuat dosa, tapi karena dosa itu dia ingat terus dengan dosanya, sedang makan inget dosa, lagi duduk ngobrol sama temannya ingat dosa dan akhirnya mendorong dia untuk berbuat kebajikan dan dia takut dosanya tidak diampuni. Tapi ada juga orang yang karena pahalanya karena ibadahnya karena ketaatannya, dia bangga kemudian dia membanggakannya dan meremehkan orang lain maka masuk nerakalah ia.
Dan masuk ke inti ceramahnya, berikut ini adalah beberapa amalan penghapus dosa, diantaranya:
  1. Iman dan Amal Soleh
  2. Sabar dan Beramal Soleh
  3. Menyembunyikan Sedekah dan Memberikannya Pada Orang Miskin
  4. Cinta Kepada Allah dan Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad
  5. Menjauhi Dosa Besar
  6. Istighfar
  7. Taubat yang Sungguh-Sungguh
  8. Banyak Berbuat Amal Kebajikan
  9. Membaca Kalimat Tahlil atau Laa ilaaha ilallah wahdahulaa syarikalah lahulmulku walahulhamdu wahuwa 'alaa kulli syainqodiir
  10. Wudlu
  11. Orang yang Adzan
  12. Berangkat ke Masjid
  13. Zikir Setelah Solat
  14. Solat Taubat
  15. Qiyam Ramadhan - Solat Tarawih di Bulan Ramadhan
  16. Qiyamul Lail
  17. Sabar Ketika Terkena Musibah
  18. Musibah adalah penghapus dosa

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan melipatgandakan amal kebaikan kita. Aamiin

No comments:

Post a Comment