Friday, April 11, 2014

Persiapan dan Tips Jalan-jalan ke Korea

Salaam

Buat teman-teman yang sedang browsing persiapan ke Korea terutama di musim semi dan berlabuh di laman ini *tsaelah, semoga apa yang saya tuliskan bermanfaat yaaa.

  1. Pilih mau ikut tur dengan travel atau jalan sendiri saja, tentu saja setiap pilihan ada kelemahan dan kekurangannya.
  2. Cari tiket mureh meriah aje deh mending, mungkin bisa setahun sebelumnya. Tentu saja dengan si maskapai everyone can fly.
  3. Paspor dan visa, buat yang belum punya paspor buat lah ya. Mana bisa ke luar negeri tanpa paspor :P. Untuk paspor online caranya bisa dilihat di sini. Untuk buat visa korea bisa dilihat di sini. Kalau saya buat visa dari tour supaya lebih mudah.
  4. Browsing internet cari-cari tempat yang mau dikunjungi, terutama buat yang pilih jalan sendiri tanpa travel. Pahami lokasinya di mana, catat, print sehingga gak akan makan waktu cari lokasi wisata. Sesuaikan dengan hari dan jam buka *ada kemungkinan ditutup kan, sesuaikan dengan itin *cari yang se lokasi atau dekat-dekat jadi bisa ke banyak tempat. Berikut laman yang saya kunjungi untuk cari-cari info. Visitkorea, muslimbackpackerseoul, aliabdul
  5. Sesuaikan pakaian dengan musim, karena saya jalan di musim semi a.k.a spring maka sweater berkupluk masih dibutuhkan ternyata.
  6. Lebih baik beli travel insurance tiket, karena perjalanan yang jauh dan khawatir terjadi apa-apa pada barang bawaan kita.
  7. Buat itinerary, untuk perjalanan 5 hari bisa dilihat di sini. Itin itu penting sebagai panduan mau ke mana saja.
  8. Siapkan uang won, saya memilih menyiapkannya dari Indonesia. Saya beli di PT Prima Sentral Dinamika lokasi Jl. Merdeka No.46 Tangerang 552 4662 - 5579 0425 . *kata temen saya harganya lebih miring, 1 won Rp 11
  9. Bawa makanan dari indonesia, macam tempe kering, abon, saos, kerupuk dll mengingat untuk mengirit biaya dan tentu saja menghindari makanan haram.
  10. Cari tempat penginapan dan booking sejak di Indonesia, agar lebih mudah jadi gak perlu cari-cari pas di Koreanya. Saya menginap di The House Hostel saat di Sokcho dan Inside Backpackers saat di Seoul.
  11. Bawa kenang-kenangan dari indonesia untuk dipajang di tempat penginapan, haha ini sih untuk narsis-narsisan aja. Tapi sayangnya saya gak melakukan hal ini -,-.
  12. Print peta dan gambar tempat yang mau dikunjungi, meski banyak peta dan gambar tempat wisata di KTO (Korean Tourism Organization) di bandara atau tempat penginapan. Print peta dan gambar supaya lebih memudahkan saat bertanya ke orang Koreanya, karena meski sudah tahu exit di subwaynya tapi kan gak tahu sebelah mana lokasi tepatnya. Oya sekarang kita juga bisa minta travel guide ke KTO di Jakarta, dengan cara kirim data lengkap ke email: ktojakarta@knto.or.kr dengan Subject: "Request Korea Guide Book & Map".
  13. Karena perjalanan jauh di pesawat kurang lebih 6,5 jam dari Malaysia ke Korea, bagi kalian yang punya bantal leher bawa deh, pashmina atau jaket juga dipake. Dingin euy. Air minum, camilan juga boleh siap sedia.
  14. Alat tulis juga penting, karena kita harus isi form saat di pesawat.
  15. Download aplikasi arah kiblat, waktu solat, lebih mudah lagi tanya arah barat alias matahari terbenam untuk arah kiblat. Untuk waktu solat, kurang lebih beda satu jam lebih lambat dengan waktu solat Indonesia.
  16. Beli T Money pas udah mau naik subway, katanya sih ada di mini market tapi saya beli di mesin T Money yang ada di Subway.
  17. Bawa tas/wadah kecil untuk simpan paspor sebagai identitas kita di sana, siapa tahu termasuk orang yang teledor jadi lebih baik ditempatkan di satu tempat deh bareng keperluan lain.
  18. Pakai sepatu tertutup dan nyaman, karena meski sudah masuk musim semi ternyata suhu masih dingin dan kita akan banyak jalan kaki serta naik turun tangga. Meski high heels itu keren. It’s a big NO NO NO girls.
  19. Bawa payung, ternyata ada hujan di musim semi. Gak wajib juga sih, saya gak bawa kok, hehe. Tapi dapet pinjeman dari penginapan.
  20. Sedia tisu basah, mengingat toilet kering dan hanya sedia tisu tanpa air.
  21. Jangan lupa pakai sunblock, meski dingin udah kaya di kulkas tapi matahari yang mengandung UV tetep jahat bisa bikin muka gosong.
  22. Bawa lipbalm, handbody atau krim pelembab muka. Udara dingin membuat kulit lebih mudah kering.
  23. Tentu saja kamera siap sedia, beserta kelengkapannya macam baterai, charger atau SD card untuk menampung foto dan video lebih banyak.
  24. Gak perlu bisa berbahasa korea, cukup bahasa inggris seadanya dan yang paling penting bahasa tubuh. Insya Allah mereka mengerti --,
  25. Kalau mau buat kenang-kenangan jangan lupa tanyakan nama kalau bisa foto bareng sama yang udah nolong kita :D
  26. Kalau penting banget untuk online update status atau kabari orang terdekat bisa sewa HP di bandara. Meskipun ga sewa HP wifi di penginapan atau di tempat umum bisa diandalkan.
  27. Siapin koyo, minyak kayu putih, gel penghilang rasa pegal mengingat lo akan banyak jalan kaki, naik turun tangga di subway Korea. Serta obat-obatan pribadi macam tolak angin, suplemen penambah daya tahan tubuh.
  28. Siapin camilan dan tempat minum pas jalan-jalan, jadi bisa irit gak beli minum dan camilan di tempat wisata.
  29. Pakai kaos kaki, sweater berkupluk dan berbahan tebal, sarung tangan, buat yang gak kuat dingin mending dipakai.
  30. Supaya gak bingung dan ada yang terlewat untuk oleh-oleh, lebih baik catat mau kasih oleh-oleh untuk siapa saja dan berapa jumlahnya.
  31. Karena perjalanan tanpa travel a.k.a jalan-jalan sendiri bareng temen, daripada ribet ngeluarin uang masing-masing terus butuh kembalian lebih baik buat kesepakatan untuk pakai uang siapa dulu baru nanti dishare.
  32. Kalau punya tongsis, bawa deh buat narsis-narsis ria :D
OK deh segitu aja persiapan dan tips jalan-jalan ke Korea versi aemvede, semoga bermanfaat ya. Cheers :D

No comments:

Post a Comment