Thursday, June 25, 2015

Ngabuburit Bareng Ramadhan Cantik Web Series

Assalamu’alaikum

Sore-sore ngabuburit enaknya ngapain ya selain berburu makanan buat ta’jil? Saya kasih tahu ya ada acara yang bagus nih, selain nonton tapi juga bisa nambah ilmu agama. Buat para pengguna smartphone atawa yang lagi istirahat kerja depan PC di kantor yuk tonton web seriesnya Want Production.

Yang paling saya suka adalah episode 4 tentang hidayah yang didapet di warnet. (Judul sebenernya sih Demi Masa).

Percakapan antara pelanggan (P) dan penjaga warnet (PW) yang keluar untuk solat Zuhur berjamaah di masjid
P     : “ Kok warnetnya ditinggal, gak takut apa?”
PW : “Justru karena saya takut, makanya (warnet) saya tinggal. Takut Allah murka karena saya ninggalin solat”
PW : “Solat tepat waktu itu cara Allah mendisiplinkan kita. Mas, tau surat Al-Maa’un. Di situ dituliskan celakalah orang-orang yang lalai dalam solatnya”
P     : “Ooo, Al-Maa’un, yang surat pendek itu kan. Jangankan baca, kalau solat saya ulang-ulang”
PW : “Jangan Cuma diulang-ulang, artinya dipahami lalu diamalkan. Orang yang lalai dalam solat itu yang menunda-nunda solat. Tanggung jawab sama Allah aja digampangin, apalagi tanggung jawab sama manusia”

Lebih jelas dan serunya sih tonton di youtube langsung :D


Di episode ini menurut saya jleb banget, iya sih saya gak ninggalin solat tapi ternyata saya masih masuk dalam kategori lalai dalam solat. Iya sih saya baca Al-Maa’un berulang-ulang tapi ternyata saya gak paham artinya dan gak mengamalkannya.

Episode-episode lainnya gak kalah inspiratif dan bermanfaatnya, nyentil banget deh. Mengingatkan kita untuk terus memperbaiki diri.

Ini adalah beberapa kalimat inspiratif dari percakapan dalam episode lainnya
Allah gak perlu ngebuktiin apa-apa tentang doa –doa kita. Tapi yang butuh itu kita berusaha maksimal
*
Gak perlu hati hancur gara-gara manusia, yang terpenting adalah gak kehilangan kasih sayang Allah
*
Kehormatan wanita emang gak berkurang karena dilihatin, tapi kehormatan kalian di mata Allah gimana?
*
Kita yang sudah dapat hidayah lebih dulu, malah mempertanyakan buat apa mereka berjilbab (pakaian masih ketat). (Dapat hidayah lebih dulu) Tidak membuat kita berhak menilai mereka lebih rendah dari kita. Orang yang bertakwa bisa terjerumus karena kesombongan. Kita gak boleh merasa lebih tinggi dari mereka. Tapi kewajiban kita saling mengingatkan. Tidak sulit kok untuk mengingatkan tanpa merasa lebih baik. Tinggal zikir dan minta ke Allah agar dijauhkan dari riya’
*
Tahajud itu banyak keutamaannya. Tapi yang paling tinggi tuh satu, dicintai sama Allah. Kalau kita ibadahnya biasa aja, solatnya biasa aja sudah dikasih nikmat sama Allah. Coba kalau kita ibadahnya luar biasa.

Yuk isi waktu ngabuburitmu dengan yang bermanfaat. Oya, kata pak Ustadz, kegiatan utama dalam mengisi waktu jelang berbuka adalah sudah dalam keadaan berwudu kemudian dzikir dan berdoa. Karena waktu menjelang berbuka adalah salah satu waktu mustajab dalam berdoa. 

No comments:

Post a Comment