Thursday, June 18, 2015

Adab Berdoa

Adab berdoa yang harus diketahui antara lain adalah
1. Niat yang kuat dalam hati disertai yakin dan percaya pada kemurahan dan karunia Allah SWT
2. Memuji Allah SWT dengan membaca hamdalah dan bersolawat di permulaan, pertengahan dan akhir doanya
3. Mencari waktu dikabulkannya doa seperti sepertiga akhir malam, ketika sujud, saat antara adzan dan iqomah, di waktu selesai solat, di saat-saat akhir Jumat, di saat setelah waktu Ashar dan di hari Arafat
4. Menjauhi bersajak dalam berdoa, serta memaksakan diri dan melewati batas dalam berdoa
5. Berhati-hati dalam berdoa, jangan sampai ia berdoa dengan ungkapan yang mengandung dosa dan menyebabkan putusnya silaturahmi

Bertepatan dengan bulan ramadhan, maka sebelum waktu maghrib bagimu ada kesempatan yang sangat besar, sebelum kau berbuka, saat di mana rasa lapar dan haus bertambah. Maka pada kesempatan itu perbanyaklah doa, tingkatkan kesungguhanmu dalam memelas, teruskanlah jangan berhenti dalam memohon!

Demikian juga di waktu sahur, bagimu ada kesempatan dikabulkannya doa. Maka bersungguh-sungguhlah dalam memohon kepada Allah Yang Maha Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya.

Sesungguhnya engkau fakir dan amat membutuhkan, sementara Dia Maha Kaya. Sesungguhnya engkau lemah sedangkan Dia Maha Kuat dan sesungguhnya engkau akan binasa namun Allah Dialah Yang Maha Kekal.

- Dr. Aidh Al Qarny

No comments:

Post a Comment