Thursday, May 8, 2014

Jalan - Jalan ke Korea (Bagian 2)

Assalamu'alaikum

Manteman pengunjung blog tercintah, saya punya daftar panjang selanjutnya dari Jalan-Jalan ke Korea. Jika berkenan baca yang bagian pertama, silahkan mampir ke sini.

Selamat membaca :D

26. Harus banget berkunjung ke masjid di Itaewon
Sebagai muslim, jangan lupa mampir di masjid Central Seoul di Itaewon dan rasakan keberagaman ras di sana. Mengunjungi (en beli dong pastinya) tempat makanan bersertifikat halal.  

27. Kalau ke Namsan Tower, mending dari sore sampe malem hari, supaya bisa lihat lampu kota Seoul
Iya lo akan merasakan sensasi berada di ketinggian entah berapa dan akan lihat cantiknya kota Seoul di malam hari. Aaah mancap.

28. Jangan lupa cobain hanbok
Katanya sih bayar dan gak tahu dimana juga cobainnya (haa, gak kasih solusi banget), tapi karena tinggal di Inside Backpacker jadi gratis deeh. Lumayan.

29. Kalo sempat cobain traditional uniform di Gyeongbokgung Palace
Setiap selesai acara penggantian penjaga ada sesi mencoba foto dengan traditional uniform para penjaga. Selain gratis, pesertanya juga dibatasi loh. Jadi kudu dicoba.

30. Harus banget main ke Banpo Bridge
Kayanya gak ke Seoul deh kalau gak ke sini. Iya lihat air yang keluar dari sisi jembatan, disinari lampu warna warni sudah kaya pelangi di malam hari gak ketinggalan diiringi musik nan menawan hati tapi berbahasa Korea tentu saja.

31. Kalo gak cuma pengen jalan di kota Seoul, berkunjung ke Mount Sorak sama Herb Island bolehlah
Meski main ke gunung yang lokasinya di Sokcho, kita gak perlu jadi anak yang hobinya naik gunung kok. Soalnya untuk sampai puncaknya kita naik cable car. Asik kaaan. Kalau penasaran sama lokasi syuting You’re Beautiful itu di Herb Island tapi rada jauh dari Seoul, cukup makan waktu sebenarnya bagi yang terbatas waktu jalan2nya di Korea.

32. Buat pecinta Suju, ini sih gak perlu diingetin. Main ke Kona Beans gih
Iye iye, kafe yang dimiliki sama beberapa personilnya itu menyajikan interior yang isinya hadiah dari fans seluruh dunia kayanya.

33. Jangan lupa minta foto bareng orang Korea sebagai bukti lo beneran ke sana. Haha
Ini penting banget, supaya dunia tahu lu gak edit foto pake sotosop.

34. Karena keseringan minum hot choco, hati hati lidah ledes besok paginya
Jadi tuh ya, karena dingin banget ya bok. Ane sering banget tuh minum hot choco. Besokannya lidah ledes *ini bahasa Indonesianya apa ya. :D

35. Pecinta drama Korea? Nami Island is a must, Le Petite France jugak
Meski gw gak pernah nonton drama Korea Winter Sonata, tapi Nami Island adalah lokasi wisata yang harus dikunjungi di Korea. Tempat ini satu jalur sama Le Petite France, tempat lokasi syuting sinetron yang lagi ngehits sekarang, Man From The Stars. Jangan lupa mampir ke The Morning Calm Garden (yang sayangnya gw gak ke sana. Hix)  

36. Nyebrang gak boleh sembarangan. Ada waktunya
Buat lu lu pade yang biasa nyebrang tunggu mobil sepi termasuk ane. Di Korea mah gak berlaku, kayanya di luar negeri umumnya begini ya *maklum belum pernah. Ada rambunya kapan boleh nyebrang cyiin.

37. Pulang sampe malam, gak masalah. Aman
Karena waktu jalan-jalan yang terbatas, jadi pulang ampe malem dilakoni tiap hari. Tapi tenang aja Korea amaaan.

38. Siap-siap kaki pegel karena jalan terooos
Wajarlah, karena kaki diporsir kerjanya lebih dari 8 jam kaya orang kantoran.

39. Dan lo akan merindukan untuk balik ke sana
Ini terjadi umumnya pada mereka yang habis pergi liburan, kemudian lihat-lihat foto liburan kemarin. Pengen baliiik. Tapi no hepeng. T.T

40. Belanja kosmetik bolelah, mureeeh
Gw sih katanya aja, kalau merk kosmetik etu*e di Indonesia itu harganya mahal. Nah kalo beli langsung di Koreanya lebih murah, apalagi pas diskon *yaiyalaaah. Selain merk Korea terkenal yang ada di Indonesia, saya beli juga merk lokal yang ada di Nandaemund Market untuk oleh2, kan ada tulisannya made in Korea. Haha.

41. Sebagai muslim, mending bawa makan dari Indonesia atau makan ikan n sayur aja mengingat daging tidak disembelih dg membaca basmalah.
Jadi gw dan teman-teman diingatkan oleh sesama pelancong dari Malaysia. Saat gw ajak makan ayam dia menolak, gw pikir dia vegetarian. Dia bilang, ”Di sini kan tak disembelih dengan Basmalah”. Masya Allah, gw langsung banyak-banyak istighfar. Ya Allah ampun ya Allah.

42. Kalau lo nanya orang korea ttg berapa menit perjalanan. Trus dijawab 10 menit. Asli itu jauh banget sebenernya.
Mungkin karena tidak terbiasa jalan jauh, perjalanan memutari 1 blok atau 10 menit perjalanan keluar dari stasiun subway menuju tempat yang diinginkan terasa lamaaa pisan. Fufufu.

43. Naik bis antar kota pakai seat belt bok
Gw cuma tau seat belt kalo duduk di mobil sebelahnya sopir, naik pesawat atau naik wahana macam di Du*an. Di Korea, supir bis antar kotanya rapi menggunakan jas macam di TransJakarta kemudian menghampiri setiap pemumpang mengingatkan untuk pakai seat belt. 

44. Cobain dong street foodnya
Iya gak usah yang diragukan kehalalannya, cobain fish cake yang ada kuah panasnya gapapa lah. Atau kacang en jagung rebus, lumayan anget2 malem hari.

45. Lo akan banyak menemui wisatawan asing juga selain lo tentunya
Iya jadi berlaku baiklah saat di hostel atau di tempat wisata. Siapa tahu lo berkunjung ke negaranya besok-besok. Aamiin. 

46. Gak bisa sembarang duduk di Gyeongbokgung Palace
Jadi pas lagi antri traditional uniform, gw ditegor karena duduk di lantai ruangan tempat coba traditional uniform, padahal sama mereka ya diinjek. :D

47. Rada ribet nyari lokasi foto Bukchon Hanok Village
Gw ga ketemu spot yang katanya ditandai sebagi spot terbaik untuk foto di daerah Bukchon  Hanok Village. Sudah terlalu capek jalan jauh dari Gyeongbokgung ke kawasan Bukchon. Hmm sayang sekali.

48. Akan lo temui petugas rompi merah cakep, cantik plus ramah yang menunjukkan peta dan lokasi tempat wisata
Gw cuma ketemu di Nandaemund Market sama di Bukchon Hanok Village, gw tanya kemudian dikasih peta dan dijelaskan dalam bahasa Inggris. Keren lah, fasilitas pariwisatanya Korea.

49. Susah cuy cari musholla
Maka solatlah di mana saja asal bersih, rada jauh dari kebisingan dan lo tau arah kiblat ke mana :D

50. Terakhir, yah jalan-jalan deh ke mana saja. Maka kalian juga akan punya list panjang macam gw ini. Ahay.

No comments:

Post a Comment