Monday, May 12, 2014

Great Places in Magnificent Korea (bagian 4)

Lovable Masjid Central Seoul

Itaewon adalah salah satu lokasi di Seoul yang harus dikunjungi juga, terlebih jika Anda seorang muslim. Di sini ada Masjid Central Seoul yang terkenal. Bahkan warga Korea banyak yang mendatangi tempat ini dan berfoto di halaman depannya. 

Dari subway kita hanya tinggal naik ke arah dan turun di Itaewon station. Keluar dari station, ada peta yang memberi kita petunjuk ke arah mana jika ingin ke Masjid central Seoul. Hanya tinggal jalan kaki melewati beberapa gang dan voila kita sampai pada gang yang dipenuhi restoran bersertifikat halal, pedagang baju muslim bahkan travel umroh. Hal yang sangat jarang ditemui di tempat lain di Seoul.

Di kawasan Itaewon ini, saat kita berada di station nya saja sudah terasa keberagaman ras dan suku bangsa yang ada di sana. Tidak hanya warga Korea saja, banyak warga berparas India, Arab, Malaysia dsb berseliweran di sini. 

Kami menyempatkan diri untuk sholat maghrib berjamaah di dalamnya. Kalau kita biasa melihat kipas angin yang ada di masjid, di masjid ini pun ada kipas tapi kipas penghangat karena cuaca dingin meski sudah masuk musim semi. 

Kami pun melihat jamaah berwajah Korea yang ikut solat berjamaah. Kami juga banyak menemui saudara yang menyapa kami dengan bahasa Melayu. Ternyata yang menjadi imam sholat adalah orang Indonesia loooh, itu kata beberapa orang Malaysia yang menyapa kami di jalan begitu selesai sholat. 

Di sini, saya merasa setelah beberapa tempat yang kami kunjungi dan tidak menemui tempat sholat serta makanan halal. Saya merasa seperti bertemu dengan saudara, ya saudara seagama meski berbeda suku bangsa. Masya Allah, ternyata sungguh banyak muslim di dunia.



Delicious Food in Muree

Merasakan sensasi makanan halal di negara yang menganggap babi dan alkohol tidak haram adalah luar biasa. Dari sekian banyak restoran bersertifikat halal di jalan menuju masjid central Seoul, kami memilih Muree restaurant. 

Pemiliknya yang juga menjadi pelayannya ini memiliki wajah berparas India. Makanan yang disajikan tidak hanya makanan khas India, tetapi juga ada makanan khas Korea yang sudah dimodifikasi agar hanya mengandung makanan yang halal.

Restoran yang menyediakan air putih secara cuma-cuma ini juga menyediakan makanan pendamping selain yang dipesan seperti kimchi, bahkan balado teri (yang lainnya saya lupa). Oya karena kami memilih beberapa menu jadi sebenarnya rada mahal, tak apalah sekali sekali.  T.T




No comments:

Post a Comment