Sunday, May 29, 2016

Tips Perjalanan Singapura – Malaysia (Part 2)


berikut ini tips perjalanan saya yang lain lanjutan dari postingan sebelumnya, selamat membaca

Kunjungi setiap station di Sentosa island
meski gak beli tiket universal studio cem gw kemaren, tenang aja kita tetep bisa eksis foto depan bola dunia yang hits itu. jadi setelah sampai di lantai 3 vivo mall, langsung ikut antrian orang2 yang juga mau beli tiket sky train menuju sentosa island. Cuma $4 aja sudah bolak balik. kalau waktu senggangnya banyak dan kaki kuat bisa keliling di setiap station, paling ujung katanya ada siloso beach *gw ga kesana orang Cuma pengen foto sama babehnya merlion yang ada di imbiah station sih. terus naik sky train lagi turun di station tempat bola dunia, numpang eksis, keliling toko permen, sama mupeng liat dari jauh gerbang USS singapura. nasib... nasib... jalan irit.

Siapin tempat minum
bener banget untuk siapin tempat minum dan bekel minum sejak dari hostel karena di hostel air krannya bisa langsung minum, karena harga 1.5 liter air mineral yang biasanya 5 ribu di singapura 20 ribu. gw juga pernah menghampiri toilet yang ada baby roomnya bekel air panas *haha saking iritnya.

siapin payung, sunblock
karena cuaca di singapura gak jauh beda sama di indonesia, maka sebaiknya jangan lupa pakai sunblock ya. sedia payung sebelum hujan juga kalau gak hujan ya buat melindungi diri dari panas yang menyengat.

Jangan nyemil, minum di stasiun
tahu kan ya katanya singapura negara seribu denda. sanksi kalau makan n minum di dalam alat transportasi gak main-main loh $500. itu tertera jelas tertempel di dalam mrt nya. mending tahan diri deh untuk cemal cemil.

Siapkan waktu minimal 2 jam untuk sampai di johor baru
perjalanan dari singapura ke johor baru butuh waktu yang cukup lama karena gw pilih berangkat pas jam pulang kerja, jadilah antrian panjang mengular yang mau naik bis ke imigrasi. ditambah perjalanan saat jam ramai pulang kerja jadi agak macet. seperti banyak diulas di beberapa blog, saya memilih causeway link. perlu diingat tiket jangan hilang dan jangan lupa barang bawaan tidak ditinggal di bis. saking ramainya bahkan semua orang seperti terburu-buru melewati proses imigrasi ingin segera sampai tempat tujuan karena dikejar waktu supaya tidak ketinggalan bis selanjutnya. setelah melewati imigrasi di singapura kita akan naik bis lagi menuju johor baru. dari sini juga kita akan melewati proses imigrasi malaysia. setelah itu kita baru sampai di stasiun johor baru dan menunggu kereta malam menuju KL sentral.

Pesen tiket online KTMB
saya memilih menggunakan kereta api tentu saja karena harganya yang lebih murah ketimbang pesawat. selain itu lebih mudah karena langsung ke KL sentral tempat saya sudah booking hostel. perlu diingat pemesanan tiket online bisa dilakukan menggunakan pembayaran dg kartu kredit. jangan lupa juga tiketnya dicetak ya. saya baca di beberapa tulisan di blog ada yang memesan melalui email ke customer service dan membayar on the spot dan memperoleh tiket beberapa jam sebelum keberangkatan.

Keliling Suria KLCC
karena sudah datang di menara kembar sejak sore, maka sambil menunggu tibanya malam saya keliling gedung petronas deh yang di dalemnya seperti mall. saya juga menyempatkan diri menanyakan gimana caranya supaya bisa naik sampai lantai ke sekian untuk menyebrang dari gedung satu ke gedung lain menara petronas. eh ternyata mihil, jadi cukup disimpan saja rasa penasaran saya. jangan lupa foto pas langit masih terang dan tunggu sampai malam karena lampu yang menyala menambah keindahan menara petronas. kalau sudah puas berfoto di depan menara kembar, sempatkan diri masuk gedung petronas kemudian ke luar melalui pintu seberangnya karena ada air mancur yang juga cukup menarik untuk disaksikan.

Naik bis ke terminal 2 KLIA
sebelumnya saya berencana naik klia transit menuju bandara, tapi setelah saya mendengar orang bertanya bis menuju bandara. saya akhirnya mengecek lokasinya yang berada di bawah. kemudian saya datangi tempat penjualan tiketnya ternyata harganya Cuma RM11 dengan waktu tempuh 1 jam. bisnya pun nyaman seperti bis malam antar propinsi. bahkan saya melihat pramugara pramugari berseliweran naik dan turun bis. yes ada satu lagi cara irit biar bisa nambahin untuk beli oleh-oleh.

Sekian tips perjalanan ala saya, semoga bermanfaat ya manteman :D. untuk tips perjalanan ke malaysia sila dicek link berikut ya

No comments:

Post a Comment