Saturday, November 7, 2015

Tetangga

Assalamu’alaikum

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, Artinya: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya” (Muttafaq ‘alaih)


foto ini diambil saat lebaran idul adha kemarin, di dalam foto ini adalah tetangga saya, orang-orang baik dan menyenangkan serta memiliki tali persaudaraan yang kuat meski tak ada hubungan darah.

saya ingat sekali saat sayakecil pernah kecelakaan di rumah, dan yang pertama dilakukan ibu saya adalah berteriak ke luar rumah meminta tolong pada tetangga. tahu dong ya paniknya seorang ibu saat suaminya masih bekerja di kantor dan tidak bisa meminta bantuan pada keluarga yang memiliki pertalian darah karena tinggal berjauhan. ya, tetangga adalah orang pertama yang bisa dimintai pertolongan.

memuliakan tetangga gak cuma berlaku saat kita misalnya sudah memiliki tempat tinggal tetap, hal ini juga berlaku buat yang mengontrak rumah buat yang ngekos. jadi kita gak bisa tuh acuh terhadap tetangga bahkan dalam firman Allah juga disebutkan untuk berbuat baik pada tetangga. “Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An Nisa: 36)

yuk berbuat baik kepada tetangga.

No comments:

Post a Comment