Monday, April 30, 2012

Ibadah? Jangan Lupa Niat

Assalamu’alaikum,

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepadaku” (QS Az-Zariyat:56).

Dalam surat itu dijelaskan kalau kita hanya diciptakan di dunia ini tidak lain hanya untuk beribadah. Teman, ibadah kepada Allah SWT itu tidak hanya terbatas pada ibadah yang bentuknya ritual semata loh (solat, puasa, zakat, haji) tetapi juga melakukan kebaikan termasuk di dalamnya.

Kalau hadis yang sangat terkenal tentang niat tahu kan? Iya yang kalo dalam bahasa Indonesia diartikan sesungguhnya amal itu tergantung niatnya.

Berbicara tentang niat yang biasanya selalu disebutkan penceramah “Mari luruskan niat”, adalah suatu hal yang penting karena jika kita melakukan kebaikan sekecil apapun tapi tidak diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT maka tidak ada artinya di hadapan Allah SWT bahkan dianggap seperti debu yang beterbangan. Yap bener banget gak ada nilainya di mata Allah SWT.

Maka niat adalah hal yang harus kita perhatikan dalam beraktifitas setiap hari. Sehingga, jangan sampai kebaikan yang kita lakukan tidak memiliki nilai di hadapan Allah SWT. Memang seperti perhitungan banget atau kasarnya gak mau rugi, tapi bukan suatu hal yang salah meniatkan setiap aktivitas kita untuk mengharap ridha Allah SWT kan.

Misalnya saja nih ya, menyapu halaman tentu tujuannya selain untuk membantu ibu dan membuat halaman bersih seharusnya juga diawali dengan niat ibadah kepada Allah SWT dan mungkin nantinya akan mendapat bonus berupa pujian dari ibu kita,”duh rajinnya anak ibu yang cantik ini”-> ngarep.

Bayangin kalau niat kita bekerja hanya malu kalau disebut pengangguran astaghfirullah -> sepertinya ini alasan utama saya bekerja.

Maka mari kembali luruskan niat dalam setiap melakukan aktivitas.

Mengucapkan basmalah sebelum melakukan setiap aktifitas adalah tips utama dalam meluruskan niat.

No comments:

Post a Comment