Monday, January 26, 2015

The Return of Superman

Sumber: Google
Berawal dari sering terpapar baca postingan tentang reality show dari akun tumblr favorit saya isnidalimunthe, saya pun mencari tahu apaan sih The Return Of Superman terutama si triplet, anak kembar tiga. Setelah lihat cuplikan youtubenya di akun resmi KBS, saya jatuh hati. Saya pun makin penasaran karena bukan cuma ada triplet Daehan MinKook Manse yang artinya Long Live Republic of Korea yang menggemaskan tapi ada kembar dua Lee Seo Eon dan Lee Seo Jun yang lucu juga ada Lee Haru anak perempuan cantik penyuka ikan, Choo Sa Rang yang suka makan, kakak adik tampan Junu dan Junseo, Yakkung yang penuh semangat bahkan pasangan calon ayah ibu dari bayi KkomKkom.

Reality show ini memperlihatkan bagaimana para artis Korea yang saat ini sudah menjadi ayah ketika ditinggal istrinya selama 48 jam dan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Seperti yang kita tahu, bahwa anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama ibunya dan lebih dekat dengan ibunya. Di reality show ini memberi tantangan pada para ayah untuk tidak hanya bermain, memberi makan, memasak, mengajarkan sesuatu tapi juga menyelesaikan tantangan yang diberikan ibunya. Ternyata di Korea sana, berkat acara ini terjadi perubahan kebiasaan dalam pengasuhan anak sehingga pada akhir pekan banyak ditemui para ayah yang menjaga anak-anaknya. Wow banget ya. Tuh kaaan, para bintang di layar kaca memang bisa dengan mudah memberi pengaruh besar pada pemirsanya. Maka kepada para bintang layar kaca di luar sana *kaya ada yang baca aja, semoga bisa memberi pengaruh yang baik pada kami yang menonton ya. Semangat.

Kenapa bagi saya menonton ini perlu? Bukan cuma sekedar reality show yang memanjakan mata untuk hiburan melepas penat saja, tapi menurut saya ada nilai-nilai edukasi di dalamnya. Satu di antaranya adalah bagaimana mendisiplinkan anak ketika mereka tidak patuh. Saya waktu itu lihat episode triplet yang berantem, sama ayahnya Song Il Kook, aktor kenamaan Korea ini membawa satu anaknya yang bersalah kemudian diminta berdiri dan mendengarkan penjelasannya. Di mana sang ayah memposisikan dirinya setara dengan anaknya sambil menatap matanya langsung.

Di reality show ini juga menunjukkan kalau ada saja perbedaan dalam mendidik anak antara si ayah dan ibunya. Maka sebagai orangtua harus pintar menentukan yang terbaik untuk anaknya tidak hanya berdebat saja. Di salah satu episodenya, Sarang itu anak tunggal yang sangat dimanja oleh ayahnya. Segala apa yang diminta diberikan oleh Ayahnya, atlet petarung Jepang asli Korea Choo Sung Hoon. Tapi ibunya menganggap ayahnya terlalu memanjakan Sarang sehingga dia tidak disiplin.

Hubungan kakak – adik yang seringkali menimbulkan pertengkaran dan kecemburuan juga ditunjukkan di episode awal Return of Superman. Jang brother, Junseo si adik sering merasa cemburu karena kakaknya memiliki semuanya, tampan, pintar dan bisa segala hal. Sedangkan Junu, si kakak juga merasa kalau perhatian ayah-ibunya hanya pada adiknya padahal dia juga masih anak-anak.  Lalu bagaimana cara aktor Korea Hyeonseong ayah Jang brothers menyikapi kejadian ini. Dalam satu episodenya dia memberi permainan bertukar peran pada dua putranya sehingga mereka mengetahui dari sudut pandang lain saat berperan menjadi orang lain.

Melihat Lee Haru di reality show ini juga memberi pelajaran bagaimana menyikapi anak perempuan yang ternyata dengan teman sebayanya bersikap malu-malu tapi sangat nyaman saat bersama orang yang lebih tua karena terbiasa bersama mereka. Saya pun melihat bagaimana usaha rapper Korea Tablo, ayah Lee Haru untuk selalu bersama anaknya untuk memiliki kenangan indah meski awalnya anaknya lebih memilih bersama ibunya.

Kembar Lee Seo Eon dan Lee Seo Jun juga mengajarkan meski tidak bersama ibunya mereka masih bisa senang dan nyaman bermain bersama ayahnya. Di salah satu episode saat si kembar melakukan tes perkembangan, hasilnya menunjukkan bahwa Lee Seo Jun si adik yang selama ini tidak terlalu rewel sehingga oleh ayahnya komedian Korea Lee Hwijae tidak sering digendong, sebenarnya butuh diperhatikan dan digendong oleh ayahnya juga.  Jika tidak, dia lama kelamaan akan tidak masalah jika tidak ada ayahnya.

Salah satu potongan episode yang bikin saya jatuh hati pada reality show ini


1 comment:

  1. ya aku suka nonton di yutub. aku fokusnya seojun ma seoeon. hehhe suka deh ma seojun yg mandiri n gak rewl beda ma kakaknya yg rewel gk ada ayahnya. tp seeoun suka cewek yg cantik

    ReplyDelete