Tuesday, January 31, 2012

Rukuh

Hai kalian tahu kan rukuh? ituloh kita biasa menyebutnya mukena atau alat solat bagi wanita muslim.

Sedikit ingin menceritakan kekaguman saya pada pusat perbelanjaan yang ada di Semarang pertama Java Mall berlokasi tak jauh dari kosan tepatnya di daerah Sriwijaya , kedua Citra Land berlokasi tepat di jantung kota Semarang berdekatan dengan bundaran Simpang Lima, ketiga Matahari yang punya jalur terhubung dengan Citra land serta Paragon dan DP mall berlokasi di jalan Pemuda.

Loh apa kaitannya rukuh 5 mall besar di kota Semarang.

Mari kututurkan cerita kekagumanku.

Saya termasuk tipe orang yang suka mengunjungi mall (padahal ga beli apa apa. hee). Terkadang saya lupa waktu dalam berbelanja (loh tadi katanya ga beli apa apa) sehingga sudah masuk waktu solat, umumnya maghrib atau ashar. Daripada pulang dan memaksakan solat di kosan yang belum tentu waktunya terkejar atau memang masih ingin mutar mutar, maka saya memilih solat di mall.

Mall pertama yang saya tumpangi solat adalah Java mall. Musolanya terletak di lantai paling bawah alias parkiran tapi masih dalam gedung mall. Kelengkapan solat yang biasa saya temui di mall Jakarta dan sekitarnya (tidak semua sih, sebagian kecil saja) tidak layak pakai untuk menambah kehusyukan solat (bau maksudnya dan lusuh penampakannya) Padahal kan ingin bertemu Sang Maha Pencipta. Tapi tidak di mall ini, rukuh dengan berbagai warna (ungu, merah, biru, coklat, hijau dan abu-abu) menghiasi musola kecil tersebut. Selain berwarna warni rukuh itupun berbahan parasut yang sangat nyaman dipakai (tidak bikin kegerahan atau terbang terkena hempasan). Gimana saya ga kagum coba.

Mall lain yang saya tumpangi solat adalah Citra land. Musolanya terletak di lantai paling atas namun terpecil lewat pintu darurat. Awalnya saya kesal karena letaknya yang nggak banget, mana lokasinya seadanya. Tapi saat saya lihat rukuh warna warni yang berjejer rapi depan sajadah, kesal saya pun hilang. Rukuh warna warni yang sama yang saya temui di Java mall.

Mall selanjutnya adalah Paragon, mall termegah ini memiliki musola di lantai 2. Saya tidak kaget kalau fasilitas di dalamnya lebih baik dari dua mall sebelumnya. Tempat wudhu yang terpisah dan harus menyerahkan KTP saat meminjam rukuh dan sajadahnya menambah kebagusan musola ini. Dan apa yang saya dapati saat berada dalam musola wanitanya adalah rukuh warna warni lagi yang dipakai oleh para pengunjung. Dp mall yang memiliki musola di luar gedung mall alias ga jauh2 dari parkiran ini juga memajang rukuh warna warni.

Matahari adalah mall terakhir yang baru saja saya kunjungi musolanya. Setelah menemani teman berkeliling mencari kemeja, kami pun solat asar agar tenang dalam perjalanan pulang nanti. Musolanya terletak di lantai 5. dan lagi lagi saya mendapati rukuh warna warni. wew.

Saya belum memperhatikan secara seksama, tapi di bagian belakang rukuh warna warni bertuliskan (mmm mungkin nama yayasan). Ok untuk lebih jelasnya saya akan main ke mall lagi. loh. !@#%#?!$^

No comments:

Post a Comment