Tuesday, January 28, 2014

Makam Wali

Saya datang ke makam Wali ingin tahu seperti apa makam Wali yang ramai didatangi peziarah setiap harinya. Saya ziarah ke makam sebagai wisata religi yang mungkin gak akan mudah saya temui di Tangerang. Saya datang berziarah, mendoakan yang telah tiada serta menjadi pengingat bagi diri saya sendiri karena pasti saya juga akan menyusul.

Saya pernah datang ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon. Saya ke sana karena saat itu sedang bekerja di Cirebon, jadi sekalian saja. Saat ini saya berada di Gresik, jadi tak ada salahnya jika saya juga berkunjung ke makam Sunan yang ada di sana (Makam Sunan Giri, Sunan Drajat, dan Sunan Maulana Malik Ibrahim).

Saya baru mengunjungi makam Sunan Maulana Malik Ibrahim yang berlokasi dekat Alun-alun Gresik. Kita hanya tinggal mencari gang dekat Pendopo Kabupaten Gresik.  Kemudian jalan kaki sebentar menyusuri gang dan voila sampai di makam. Saat saya berkunjung, ada beberapa bagian yang sedang dalam perbaikan. Saya datang, duduk kemudian ikut berdoa bersama rombongan yang lain.

Selain makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, saya sempat mendatangi makam Sunan Bonang di Tuban. Lokasinya juga tidak jauh dari Alun-alun bahkan tepat di belakang Masjid Tuban. Sebelum masuk kompleks makam, semua mengarah ke tempat wudhu. Saya yang sendirian daripada bengong saya ikut saja dengan rombongan orang. Saya ambil wudhu kemudian masuk komplek makam, duduk dan mendoakan pemilik kubur semoga diampuni segala dosanya dan diterima segala kebaikannya.

Berziarah sejatinya adalah menjadi sarana pengingat, kelak masa hidup akan habis, kelak tiada lagi yang menemani bahkan orang yang paling dicintai sekalipun, kelak tiada lagi berguna segala kesenangan di dunia maka persiapan apa yang sudah saya lakukan. #NTMS
Pintu Masuk Makam Sunan Bonang
Bangunan Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

No comments:

Post a Comment