Monday, December 15, 2014

Kisah Imam Ibnu Hambal dan Tukang Roti

Tidak seperti zaman sekarang dimana akses informasi begitu mudah dan hampir semua orang menggunakan media sosial, zaman nabi dan sahabat dulu tidak ada yang seperti itu maka sulit untuk mengetahui wajah ulama besar.

Dikisahkan Imam Ibnu Hambal kelelahan dan ingin beristirahat di masjid, tapi beliau diusir oleh penjaga masjid (karena ketidaktahuannya kalau yang diusir adalah Imam Ibnu Hambal). Saat itu ada tukang roti yang melihat kejadian tersebut dan menawarkan Imam Ibnu Hambal untuk bersitirahat di rumahnya.

Di rumah tukang roti, Imam Ibnu Hambal melihat tukang roti sedang membuat adonan sambil mulutnya tak henti mengucakan kalimat. Karena penasaran Imam Ibnu Hambal pun bertanya pada tukang roti, “Kalimat apa yang selalu kau ucapkan?”. “Istighfar, tuan”, jawab tukang roti. “Saya selalu mengucapkannya di saat lapang atau sempit, senang atau sedih. Alhamdulillah semua keinginan saya dikabulkan oleh Allah SWT. Kecuali satu tuan”, lanjut si tukang roti bercerita. “Apa satu keinginanmu yang belum dikabulkan oleh Allah SWT?”, tanya Imam Ibnu Hambal pada tukang roti.

Tukang roti menjawab, “Satu keinginan saya yang belum dikabulkan oleh Allah SWT adalah bertemu ulama Imam Ibnu Hambal”. Sambil menitikkan air mata, Imam Ibnu Hambal berkata, “Allah SWT telah mengabulkan segala keinginanmu. Saya Imam Ibnu Hambal”


Seperti dikisahkan Tsani Liziah (Dai Muda ANTV) pada acara seminar Hijrah Cinta

Yuk perbanyak istighfar, bukan sekedar agar keinginan terwujud tapi istighfar adalah salah satu cara bertaubat kepada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment